Sebagai konsumen, sahabat sehat mungkin mempertimbangkan untuk membeli lebih banyak makanan organik di online supermarket . Itu rencana yang bijaksana. Makanan organik di toko makanan organik memiliki banyak manfaat bagi konsumen.

Apa yang Dimaksud Makanan Organik?

Makanan organik adalah jenis pangan yang diproduksi dengan cara alami atau tanpa menggunakan bahan kimia, bahan tambahan, dan rekayasa genetika.

Bahan makanan organik di toko makanan organik tidak menggunakan pestisida atau bahan kimia sintetis untuk melindungi sayuran dan buah dari jamur, hama dan serangga. Pestisida dikhawatirkan mengandung lebih banyak senyawa kimia yang berbahaya.

Mengapa lebih Baik Membeli  Makanan Organik di Online Supermarket?

  1.  Buah dan sayuran organik yang kaya nutrisi

Bukti menunjukkan bahwa makanan organik di online supermarket lebih tinggi zat besi, magnesium, dan vitamin C, dan lebih rendah nitrat. Di beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa buah-buahan dan sayuran organik tertentu mungkin memiliki tingkat antioksidan yang lebih tinggi.

  •  Pertanian organik mengurangi paparan pestisida berbahaya

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa, paparan beberapa pupuk sintetis yang digunakan di beberapa tanaman dapat berbahaya bagi kesehatan manusia. Sebuah studi yang menemukan bahwa orang yang terpapar pestisida 1,6 kali lebih mungkin mengembangkan penyakit Parkinson daripada mereka yang tidak.

Menurut sebuah studi baru, paparan pestisida telah dikaitkan dengan ADHD dan dapat mengganggu hormon wanita. Karena pertanian organik tidak menggunakan pestisida, membeli produk organik mendukung sistem yang mengurangi paparan pestisida secara keseluruhan.

  •  Daging dan susu dari hewan yang diberi organik mengandung lemak yang lebih sehat

Pertanian organik cenderung menghasilkan susu dan daging dengan kadar asam lemak omega 3 dan asam linoleat terkonjugasi (CLA) yang lebih tinggi. Kandungan ini dapat mencegah beberapa jenis kanker, membantu mengontrol berat badan, dan menurunkan kolesterol.

  •  Pertanian organik melindungi lingkungan

Selain merugikan manusia, bahan kimia yang digunakan dalam pupuk sintetis dapat berdampak negatif bagi lingkungan. Sebaliknya, praktik organik telah terbukti melindungi tanah dan air dan mengurangi jejak karbon.

  •  Produk organik diproses tanpa hormon dan antibiotik

Ternak organik tidak dapat diobati dengan hormon pertumbuhan atau subterapi antibiotik, yang biasanya diresepkan untuk mencegah hewan yang sakit daripada mengobati hewan yang sakit. Penggunaan antibiotik dalam makanan telah dikaitkan dengan proliferasi bakteri resisten antibiotik.

  •  Produk organik tidak akan mengandung organisme hasil rekayasa genetika (GMO)

GMO adalah organisme yang disuntik dengan materi genetik dari spesies lain untuk membuat versinya sendiri yang tidak terjadi di alam dan tidak dapat diproduksi dengan cara persilangan yang khas.

Dalam kasus tanaman, transgenik adalah yang paling sering dibuat untuk membentuk tanaman yang tahan terhadap hama dan bahan kimia kuat. Potensi efek negatif sebagian besar tidak diketahui, tetapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa transgenik mungkin berbahaya bagi kesehatan.

Beberapa penelitian dengan hewan laboratorium telah mengaitkan makanan hasil rekayasa genetika dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk reaksi alergi dan gangguan pada hati, ginjal, dan jantung.

  •  Pertanian organik mendukung kesejahteraan hewan

Di peternakan komersial, hewan sering dipaksa untuk hidup di kandang yang sangat kecil yang membatasi pergerakan. Hewan juga diberikan hormon pertumbuhan yang dapat berakibat serius. Ayam yang diberi hormon pertumbuhan diketahui mengalami cacat fisik atau kehilangan kemampuan berjalan. Jika sahabat sehat ingin berbelanja makanan serta produk organik terpercaya, sahabat sehat bisa mengunduh aplikasi sesa.id di Playstore dan Appstore.

Sumber Artikel : https://sesa.id